MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA : GAYA HIDUPBERKELANJUTAN FASE B / KELAS 4 SDN 5 RABANGODU UTARA KOTA BIMA Durasi : 9 Hari (63 JP) MENJAGA LIBGKUNGAN SEKITAR Perancang : Erdin, S.Pd. TAHUN PELAJARAN 2022-2023 LATAR BELAKANG PROJEC Berdasarkan data pada tahun 2014. Populasi masyarakat Kota Bima sebanyak 173.031 jiwa. Dari data ini menunjukan sebanyak itulah potensi kebiasaan atau prilaku membuang sampah masyarakat Kota Bima. Kebiasaan membuang sampah yang baik akan berdampak pada hal yang baik. Namun, kebiasaan membuang sampah yang tidak baik, juga akan berdampak buruk. Maka perlu dilakukan suatu perubahan kebiasaan dari membuang sampah dengan cara yang tidak baik ke kebiasaan yang terarah dan rapi. Hal ini adalah bagaimana siswa di sekolah dapat melatih kebiasaan mereka dalam mengatasi masalah sampah sebagai bent...
LAPORAN AKSI NYATA MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID Oleh : Nama : Erdin, S.Pd. Sekolah Asal : SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima Angkatan PGP : Angkatan 3 Fasilitator : Drs. A. Rahman Pengajar Praktik : Dr. Syarifudin PROGRAM GURU PENGGERAK ANGKATAN 3 PPPPTK PKn DAN IPS MALANG TAHUN 2022 A. PERISTIWA (FACT) 1. Latar belakang Kegiatan aksi nyata yang dilakukan ini adalah untuk melatih dan meningkatkan kemampuan komunikasi, rasa ingin tahu, serta kemandirian siswa dalam menulis cerpen. Dengan point profil pelajar pancasila yang dikembangkan adalah Mampu bergotong royong. Kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerjas...
Pada minggu ini saya mempelajari modul 4.1 yaitu eksplorasi konsep budaya positif. Pada modul ini saya mempelajari enam rangkaian materi yang saling berkaitan satu sama lain. Dimana setelah saya mempelajari modul ini, saya diharapkan mampu menjawab atau menyelesaikan masalah berupa : miskonsepsi tentang kontrol paparan materi dari Dr. Whiliam Glasser tentang perubahan paradigma baru dan menganalisinya dari teori kontrol menjadi stimulus kontrol, memahami konsep disiplin positif dihubungkan dengan teori motivasi perilaku manusia dan dihubungkan dengan konsep motivasi internal dan eksternal, memahami pentingnya memiliki keyakinan kelas sebagai fondasi dan arah tujuan sebuah sekolah/kelas, memahami bahwa setiap tindakan murid dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka, mengetahui dan menerapkan disiplin restitusi di posisi Monitor dan Manajer agar dapat menciptakan lingkungan yang positif, aman, dan nyaman, dan terakhir adalah memahami restitusi seb...
Komentar
Posting Komentar