Modul P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Fase B
PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
TEMA : GAYA HIDUPBERKELANJUTAN
FASE B / KELAS 4
SDN 5 RABANGODU UTARA KOTA BIMA
Durasi : 9 Hari (63 JP)
MENJAGA LIBGKUNGAN SEKITAR
Perancang : Erdin, S.Pd.
TAHUN PELAJARAN 2022-2023
LATAR
BELAKANG PROJEC
Berdasarkan data pada tahun 2014.
Populasi masyarakat Kota Bima sebanyak 173.031 jiwa. Dari data ini menunjukan
sebanyak itulah potensi kebiasaan atau prilaku membuang sampah masyarakat Kota
Bima. Kebiasaan membuang sampah yang baik akan berdampak pada hal yang baik.
Namun, kebiasaan membuang sampah yang tidak baik, juga akan berdampak buruk.
Maka perlu dilakukan suatu perubahan kebiasaan dari membuang sampah dengan cara
yang tidak baik ke kebiasaan yang terarah dan rapi. Hal ini adalah bagaimana
siswa di sekolah dapat melatih kebiasaan mereka dalam mengatasi masalah sampah
sebagai bentuk tanggung jawab secara mandiri dan kelompok. Dengan menerapkan
project gaya hidup berkelanjutan, peserta didik akan terlatih untuk mengambil
keputusan dan resiko, serta meningkatkan hubugan interpersonal, kerja sama,
kemampuan berbicara di depan public, dan rasa percaya diri. Berdasarkan masalah
social dan lingkungan yang terjadi tersebut, Projec ini berupaya menawarkan
perubahan jangka panjang melalui soft skill yang dipraktekan dalam hard skill
yaitu kegiatan – kegiatan. Dengan memilih dan memilah sampah serta pemanfaatannya,
peserta didik diharapkan mampu menjadi agen tranformasi perubahan dalam inovasi
lingkungan yang bersih dan sehat serta menghasilkan karya yang bernilai jual
tinggi dari proses daur ulang atau pemanfaatan sampah tersebut yang merupakan
bentuk dari menjaga lingkungan.
DIMENSI
Dimensi |
Elemen |
Subelemen |
Beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan
berakhlak mulia |
Berakhlak pada alam |
menjaga lingkungan alam sekitar |
Gotong royong |
Kolaborasi |
Kerjasama |
Kreatif |
Menghasilkan
karya dan tindakan yang orisinal |
Menghasilkan
karya dan tindakan yang orisinal |
TARGET
CAPAIAN
1. Peserta didik dapat berperan dalam menjaga
lingkungan alam sekitar
2. Dengan bekerjasama, Peserta didik mampu menggagas
ide dan informasi serta strategi untuk menjaga lingkungan alam sekitar
3. Peserta didik mampu menghasilkan karya dan tindakan
yang orisinil dengan memanfaatkan barang bekas (barang dari sampah) / mendaur
ulang.
Perencanaan
dan Pengenalan
|
Pelaksanaan Aksi |
Hasil |
Refleksi
dan tindaklanjut |
Unjuk Karya |
§
Pengenalan
konsep kegiatan §
Pengenalan
konsep sumber – sumber yang menyebabkan lingkungan kotor (Narasumber Dinas
Lingkungan Hidup) §
Melakukan
survei prilaku masyarakat §
Mengenal
tahap – tahap pemilihan dan pemilahan sampah serta pemanfaatanhya |
§ Games
Disetiap awal pertemuan (Games out bond) § Stery
Tolling cara memilih dan memilah sampah serta pemanfaatannya § Menyusun
rencana tahap pelaksanaan pemilihan dan pemilahan sampah serta pemanfaatnya § Membuat
karya dari barang bekas yang merupakan proses daur ulang § Membuat
poster ajakan menjaga lingkungan sekitar dan pemanfaatannya |
§ Inovasi
pembuatan karya dari barang bekas/Daur ulang. § Menyusun
portofolio kegiatan pemilihan dan pemilahan sampah |
§
Identifikasi
manfaat lingkungan bersih §
Observasi
pembuatan Karya dari barang bekas § Praktik pembuatan Karya |
Pameran produk |
LANGKAH
– LANGKAH TAHAP KEGIATAN
·
Aktifitas 1 Perencanaan dan pengenalan project (2 Hari = 14
JP)
Konsep |
-
Mengajak peserta didik untuk
mengenal lingkungan bersih dan lingkungan kotor -
Mengajak peserta didik untuk
mengidentifikasi sumber – sumber sampah -
Mengajak peserta didik untuk
mengidentifikasi karya hasil daur ulang |
Persiapan |
-
Guru menyiapkan video yang
berkaitan dengan sebab - akibat adanya sampah, serta bahayanya. (alternatif
penggunaan video, guru bisa menggunakan buku cerita yang berkaitan dengan
sampah). -
Guru menyiapkan karya dari
hasil daur ulang -
Guru menyiapkan tabel survei
dalam bentuk lembaran untuk digunakan siswa dalam melakukan survei. |
Pelaksanaan |
Games 1 : -
Peserta didik dibagi dalam
beberapa kelompok -
Tiap kelompok terdiri dari 5 –
6 orang atau disesuaikan) -
Peserta didik bermain “Tahan Balok” o
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiri berhadapan dengan mengadahkan kedua jari telunjuknya. o
Kemudian diatas barisan
telunjuk peserta didik disimpan balok o
Tugas kelompok adalah
menurunkan balok tersebut sampai ke tanah tanpa harus menjatuhkannya,
memegangnya, dan sebagainya o
Pemenang adalah Tim yang
paling cepat menyimpannya ditanah Lanjut Kegiatan P5 : § Kegiatan
projec dimulai dengan tanyajawab apa yang menyebabkan adanya sampah?,
bagaimana siswa melakukannya?, dan apa bahayanya ? § Peserta
didik menonton video yang menjelaskan tentang asalnya sampah, bagaimana itu
sampah, dan apa bahayanya ? (Vidio bisa ditayangkan berulang sesuai
dengan kebutuhan peserta didik). § Peserta
didik mengamati karya daur ulang, dan mengidentifikasi bagaimana mendesainnya,
Apa bahan – bahanya ? § Peserta
didik melakukan survei lingkungan sekitar serta mewawancarai beberapa tokoh
masyarakat. § Peserta
didik membuat table masalah hasil survei, serta rencana penanganannya. |
Alat dan
Bahan |
§ Video
tentang masalah sampah dan penanganannya § Karya
hasil daur ulang § Skrip
survei (Lampiran 1) § Table
wawancara (Lampiran 2) § Table
rencana mengatasi sampah (Lampiran 3) |
·
Aktifitas 2 Pelaksanaan Aksi (2 Hari = 14 Jp)
Konsep |
Pengenalan
konsep stery tolling |
Persiapan |
Guru menyiapkan buku cerita, Koran, majalah,
e-book dan lain - lain yang akan dibawakan kepada anak-anak untuk kegiatan
story telling yang berkaitan dengan pemilihan dan pemilahan sampah. Catatan
: Guru dapat mengganti dengan bacaan
yang sesuai dengan tujuan. Guru
menyiapkan alat – alat untuk bermain gamesnya. |
Pelaksanaan |
Games 2 -
Peserta didik diajak ke
Lapangan atau diluar kelas -
Peserta didik dibagi dalam
beberapa kelompok dengan banyak anggota disesuaikan dengan banyak peserta
didik dan kebutuhan -
Peserta didik melakukan
permaianan “Menapak Jalan” Cara bermain : o
Tiap kelompok berbanjar dari
depan ke belakang. o
Masing – masing anggota dalam
kelompok memiliki kotak dari kardus/tripleks dan lebih satu untuk gantian o
Mereka berjalan dengan
menginjak kotak yang dipegang. o
Yang posisi pertama ketika
sudah mengijak kotak yang dipasang mengucap ok dan teman yang lain dengan
segera cepat bergerak dan memberikan yang didepan papan kardus tadi, begitu
seterusnya o
Pemenangnya adalah kelompok
yang paling cepat finish Manfaat
Games : Melatih kekompakan tim, Tangkas, dan
bernalar tinggi. Lanjut Kegiatan P5 : § Peserta
didik secara representative melakukan stery
tolling bertemakan “Manfaat atau bahayanya sampah” § Peserta
didik menggali makna tersirat dari stery tolling yang disampaikan oleh
temannya. § Menentukan
tujuan projek bersama siswa untuk lebih memahami dari mana dan harus ke mana
itu sampah, serta cara memilih dan memilahnya. § Selain
itu, siswa juga diajak memikirkan apa saja yang perlu dilakukan untuk
mencapai tujuan tersebut. § Siswa
menentukan timeline, serta membagi kelompok § Peserta
didik mempraktikan proses pemilihan dan pemilahan sampah, serta menyortir
barang – barang yang dapat dimanfaatkan untuk membuat karya § Membuat
karya dari barang bekas yang merupakan proses daur ulang § Membuat
poster ajakan menjaga lingkungan sekitar dan pemanfaatannya |
Alat dan
Bahan |
§ Majalah,
koran, teks naratif tentang masalah sampah dan pemanfaatannya § Poster § Contoh
desain karya tiga dimensi hasil daur ulang |
·
Aktifitas 3 Hasil (2 Hari = 14 JP)
Konsep |
Menjelaskan
konsep inovasi dalam mendaur ulang |
Persiapan |
Games 3 : Mencari
pasangan : -
Peserta didik membentuk
lingkaran dengan masing – masing saling berpegangan tangan -
Aturan permainan adalah : ü Mentor/Pendidik
meneriakan OJEK, BECAK, BUNGA MATAHARI, BUS Keterangan
: OJEK (2
orang satu tim) BECAK (3
orang satu tim) BUNGA
MATAHARI ( 6 Orang satu tim) BUS (semua
orang) -
Bagi peserta didik yang tidak
memperoleh pasangan diberi hukuman
dengan mencat wajahnya dengan spidol dan banyaknya sesuai dengan
bentuk tim yang diminta. Kalau OJEK coret 2 x, dan seterusnya. § Menyiapkan
contoh portofolio sederhana sampai portofolio digital § Mengajukan
pertanyaan kepada siswa tentang menentukan karya dan membuat laporan berupa
portofolio § Latihan
menyiapkan bahan/mengumpulkan bahan § Merapikan
bahan – bahan sesuai urutan (cara sederhana) |
Pelaksanaan |
§ Inovasi
pembuatan karya dari barang bekas/Daur ulang. § Menyusun
portofolio kegiatan pemilihan dan pemilahan sampah § Melakukan
presentasi laporan pembuatan portofolio (opsi : Portofolio berupa digital
atau manual) |
Alat dan
Bahan |
§ Portofolio § Barang
bekas (plastic dll, disesuaikan) |
·
Aktifitas 4 Refleksi dan Tindak Lanjut (1 Hari = 7 JP)
Konsep |
Peserta
didik mengidentifikasi hasil yang telah dilakukan |
Persiapan |
Menyiapkan
lembar refleksi (Terlampir) |
Pelaksanaan |
Games 4 : “IKUTI
KATA MENTOR” Kata kunci disini adalah kata
“BIMA”, Jika tidak ada kata “BIMA” maka tidak boleh diikuti. Cara
bermain : -
Peserta didik membentuk
lingkaran besar -
Mentor mengajak peserta
mengikuti pesintahnya dengan diawali kata “BIMA” Contoh
: Bima
kakinya dirapatkan. (Maka peserta merapatkan kaki) , Yuk Kita Buka lagi
kakinya ( Jika ada peserta yang ikut maka dikalah dan dihukum. Begitu
seterusnya -
Hukumannya
adalah wajah dicoret dengan spidol. (catatan harus membuat kesepakatan
terlebih dahulu dengan peserta didik) § Identifikasi
manfaat lingkungan bersih § Observasi
pembuatan Karya dari barang bekas § Praktik
pembuatan Karya |
Alat dan
Bahan |
§ Lembar
refleksi |
·
Aktifitas 5 Unjuk Karya (1 Hari = 7 JP)
Konsep |
Memhami
konsep pameran yang menarik |
Persiapan |
§ Peserta
didik menyiapkan bahan dan peralatan pameran § Peserta
didik menetukan lokasi pamaeran/unjuk karya |
Pelaksanaan |
§ Peserta
didik membagi kelompok § Peserta
didik menata stand pameran atau unjuk karya § Peserta
didik menata dan menghias stand pameran § Pelaksanaan
pameran |
Alat dan
Bahan |
Disesuaikan |
ASESMEN
1.
ASESMEN AWAL
- Mengajukan pertanyaan untuk mengidentifikasi
pengetahuan awal peserta didik tentang penanganan masalah samapah
2.
ASESMEN FORMATIF
- Malakukan wawancara perilaku masyarakat dalam
mengelola sampah
- Stery tolling
- Tabel kegiatan mengatasi sampah
- Catatan diskusi peserta didik
- Membuat karya daur ulang
- Membuat poster ajakan cintai lingkungan dan daur
ulang
3.
ASESMEN SUMATIF
- Hasil produk daur ulang, poster ajakan, dan catatan hasil kegiatan
RUBRIK
ASESMEN
Kriteria |
Awal
Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang
Sesui Harapan |
Sangat
Berkembang |
-
Akhlak Kepada Alam (Menjaga
Lingkungan Alam Sekitar) |
Butuh dorongan dari orang lain untuk melakukan
usaha dalam menjaga lingkungan bersih dan memanfaatkan sampah untuk daur
ulang |
Menunjukan prilaku tanggap terhadap kebersihan
lingkungan dengan perlu dorongan untuk memilih dan memilah sampah |
Menunjukan prilaku tanggap terhadap kebersihan
lingkungan, mampu memilih dan memilah sampah |
Menunjukan prilaku tanggap terhadap kebersihan
lingkungan, mampu memilih dan memilah sampah, serta mendesain karya hasil
daur ulang |
Kemandirian -
Resilien dan adaptif |
Membutuhkan motivasi dari luar
dirinya untuk dapat mempresentasikan hasil projek yang dilakukan. |
Menampilkan sikap percaya diri dalam
mempresentasikan hasil projek yang dilakukan. |
Menampilkan sikap percaya diri dan
jelas dalam mempresentasikan hasil projek yang dilakukan. |
Merencanakan kegiatan dan percaya
diri ketika mempresentasikan hasil projek yang dilakukan. |
Regulasi
Diri Menunjukkan
inisiatif dan bekerja secara mandiri |
Belum melakukan aktifitas sesuai
dengan yang direncanakan |
Perlu dorongan dari orang lain untuk
menyelesaikan tugas sesuai dengan table rencana kegiatan |
Menunjukan inisiatif dan bekerja
secara mandiri sesuai dengan table rencana kegiatan, Namun table rencana
kegiatan ada beberapa hari yang
dilewati. |
Menunjukan inisiatif dan bekerja
secara mandiri sesuai dengan table rencana kegiatan, sehingga table rencana
kegiatan dilengkapi sesuai hari yang ditentukan. |
Gotong royong -
Kerjasama |
Masih harus selalu diingatkan orang
dewasa atau teman untuk aktif dalam kelompok. |
Sesekali masih diingatkan orang
dewasa atau teman untuk aktif dalam kelompok. |
Menunjukan sikap aktif dalam kelompok
dan mengerjakan tugas sesuai dengan perannya. |
Siswa berinisiatif untuk mengumpulkan
ide dan mampu bekerjasama dengan siapapun. |
LAMPIRAN
- LAMPIRAN
Lampiran
1, Skrip wawancara
No. |
Pertanyaan |
Jawaban
Responden |
1. |
Apakah bapak/ibu menyiapkan tempat sampah di
rumah ? |
|
2. |
Berapa banyak tempat sampah
yang disiapkan ? |
|
3. |
Apakah bapak/ibu memilih dan
memilah sampah ? |
|
4. |
Dimana bapak/Ibu membuang
sampah rumahnya ? |
|
5. |
Apakah sampah bapak/Ibu dipilah
non organic dan oerganiknya ? |
|
6. |
Jika dipilah, apakah sampahnya
diolah kembali atau bagaimana ? |
|
7. |
Bagaimana tanggapan Bapak/Ibu
tentang prilaku membuang sampah sembarang seperti di taman, jalan, atau
lainnya ? |
|
Tuliskan
simpulan mu di bawah ini : |
Lampiran
2, Table Kegiatan mengatasi sampah (Mandiri)
No. |
Hari/Tanggal |
Bentuk Kegiatan |
Uraian Kegiatan |
1. |
|
|
|
2. |
|
|
|
3. |
|
|
|
4. |
|
|
|
5. |
|
|
|
6. |
|
|
|
7. |
|
|
|
8. |
|
|
|
9. |
|
|
|
Tuliskan
Simpulan mu tentang pengalaman selama melakukan kegiatan mandiri memilih dan
memilah sampah ! |
Rubrik Penilaian :
Kriteria |
Awal
Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang
Sesui Harapan |
Sangat
Berkembang |
Regulasi
Diri Menunjukkan
inisiatif dan bekerja secara mandiri |
Belum
melakukan aktifitas sesuai dengan yang direncanakan |
Perlu
dorongan dari orang lain untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan table rencana
kegiatan |
Menunjukan
inisiatif dan bekerja secara mandiri sesuai dengan table rencana kegiatan,
Namun table rencana kegiatan ada
beberapa hari yang dilewati. |
Menunjukan
inisiatif dan bekerja secara mandiri sesuai dengan table rencana kegiatan,
sehingga table rencana kegiatan dilengkapi sesuai hari yang ditentukan. |
Lampiran 3, Rubrik
Penilaian Stery Tolling
Rubrik
Penilaian :
Kriteria |
Awal
Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang
Sesui Harapan |
Sangat
Berkembang |
Kemampuan
stery Tolling : Item
: 1.
Ide cerita menarik 2.
Cerita disampaikan runtut 3.
Gerak tubuh menarik 4.
Ekspresif, dan menggunakan alat
peraga 5.
Cerita merupakan hasil kegiatan
sendiri tentang memilih dan memilah sampah serta pemanfaatannya |
Memenuhi
1 kriteria |
Memenuhi
2 - 3 kriteri |
Memnuhi
3 - 4 kriteri |
Memenuhi
semua kriteri |
Lampiran 4, Catatan diskusi
peserta didik
Catatan
:
-
Bawa
catatan ini setiap anda menemui pendidik
-
Tandai
pada catatan setiap selesai menyelesaikan tugas
-
Acuan
catatan berdasarkan rubric asesmen
NO. |
HARI
/TANGGAL |
KEGIATAN |
CATATAN
FASILITATOR (UMPAN
BALIK) |
TANDA
TANGAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kota Bima, Fasilitator/Pendidik NIP. |
Lampiran 5, Rubrik
Aksi membuat karya daur ulang
Rubrik
penilaian :
Kriteria |
Awal
Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang
Sesui Harapan |
Sangat
Berkembang |
Menunjukan
kreatifitas, mandiri, produk yang menarik |
Perlu
dibimbing pendidik untuk mengerjakan sesuatu |
Menunjukan
kreatifitas, mandiri, produk yang menarik , setelah dimotivasi pendidik
atauorang lain |
Menunjukan
kreatifitas, mandiri, produk yang menarik , hanya saja perlu dipantau |
Menunjukan
kreatifitas, mandiri, produk yang menarik |
Lampiran 6, Membuat poster
ajakan cintai lingkungan dan daur ulang
Rubrik
penilaian :
Kriteria |
Awal
Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang
Sesui Harapan |
Sangat
Berkembang |
Menunjukan
kreatifitas, mandiri, produk yang menarik |
Perlu
dibimbing pendidik untuk mengerjakan sesuatu |
Menunjukan
kreatifitas, mandiri, produk yang menarik , setelah dimotivasi pendidik
atauorang lain |
Menunjukan
kreatifitas, mandiri, produk yang menarik , hanya saja perlu dipantau |
Menunjukan
kreatifitas, mandiri, produk yang menarik |
Lampiran 7, Materi
KONSEP MATERI
1. Permasalahan sampah
a. Pengertian sampah
Sampah adalah buangan
yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah
tangga). Sementara didalam UU No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah,
disebutkan sampah adalah sisa kegiatan sehari hari manusia atau proses alam
yang berbentuk padat atau semi padat berupa zat organik atau anorganik bersifat
dapat terurai atau tidak dapat terurai yang dianggap sudah tidak berguna lagi
dan dibuang kelingkungan.
b. Pengertian sampah organic dan non organic
Sampah organik adalah
sampah atau limbah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang berada di alam di
antaranya seperti hewan dan tumbuhan , dan juga beberapa macam hasil yang
berasal dari olahan yang kemudian dibuang lalu kemudian sampah atau limbah
tersebut terurai secara alami oleh bakteri tanpa diperlukan adanya campuran
bahan kimia apapun di dalam melakukan proses penguraian.
Anorganik merupakan
salah satu masalah terbesar yang sampai saat ini bisa kita temukan di tengah
masyarakat yang dapat menyebabkan terjadinya dampak yang buruk untuk kehidupan
manusia. Beberapa contoh sampah anorganik diantaranya : besi, kaca, plastik,
kaleng dan masih banyak lainnya.
c. Dampak dari sampah
Dampak dari sampah
adalah dapat mengganggu kesehatan, menganggu lingkungan, menganggu estetika,
Akan menyebabkan terjadinya pencemaran pada Air, Udara, dan tanah, serta
berdampak pada kehidupan social.
d. Manfaat dari sampah
- Manfaat sampah organic
1) Diolah menjadi kompos dan pupuk sederhana
2) Tambahan pakan ternak
3) Dijadikan kerajinan tangan
4) Dijadikan biogas dan listrik
- Manfaat sampah anorganik
1) Bahan kerajinan
2) Bahan daur ulang
3) Dapat digunakan kembali
4) Mainan anak – anak
5) Dapat meningkatkan ekonomi
2. Proses daur ulang
Menurut ensiklopedia bebas Wikipedia :
Daur ulang adalah
proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan
mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi
penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi
polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan
proses pembuatan barang baru.
Pemanfaatan kembali
kertas bekas secara langsung untuk penggunaan lain merupakan upaya penghematan
terhadap peningkatan kebutuhan kertas dari serat asli. Upaya guna ulang kertas
bekas tersebut akan berdampak positif terhadap kemusnahan hutan dimasa
mendatang (Anonim2, 2012).
Keuntungan dan
Kerugian Daur Ulang
1. Satu upaya pemanfaatan kembali sampah kertas untuk
mengurangi timbulan Sampah.
2. Menimbulkan kreatifitas dalam memanfaatkan kertas
bekas.
3. Sumber tamabahan penghasilan masyarakat (Anonim2,
2012).
4. Dalam melakukan suatu usaha, kita perlu
memperhitungkan resiko kerugian agar kita mampu meminimisasi kerugian untuk
kemajuan usaha yang akan kita kelola. Seperti halnya dengan pembuatan jam dari
bahan kertas daur ulang.
Adapun resiko kerugian
yang dapat terjadi adalah :
1. Peralatan yang ada dirumah rusak sehingga
memerlukan modal untuk pembelian peralatan baru agar usaha ini tetap berjalan.
2. Barang yang dijual kurang diminati pasaran karena
banyak jam yang dijual dengan bahan yang bukan terbuat dari kertas daur ulang.
3. Masyarakat kurang minat terhadap produk hasil
kertas daur ulang.
3. Story telling
storytelling adalah
suatu kegiatan atau aktivitas untuk menyampaikan sebuah cerita. Sementara itu,
seseorang yang menjalani kegiatan storytelling disebut dengan istilah
storyteller yang dalam bahasa Indonesia berarti pencerita atau pendongeng.
Supaya lebih mudah
untuk mendalami storytelling, maka pembahasan selanjutnya adalah fungsi
storytelling. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa fungsi dari storytelling.
a. Storytelling berfungsi untuk meningkatkan rasa
senang seseorang, baik itu melalui storytelling melalui lisan atau melalui
media. Dengan meningkatkan rasa senang, maka rasa seseorang akan lupa dengan
rasa sedihnya
b. Storytelling berfungsi untuk menambah kosa kata,
frasa, hingga pandai merangkai kalimat yang enak untuk didengar dan dibaca.
c. Storytelling berfungsi untuk menambahkan wawasan
seseorang. Ketika mendengarkan atau membaca storytelling pasti akan ada wawasan
baru yang didapat, sehingga menghadirkan sudut pandang baru juga dalam menilai
suatu masalah.
DAFTAR PUDTAKA
GuruPendidikan.com,2005. Pengertian Daur Ulang,
Jenis dan serta Contohnya. Diakses dari : https://www.gurupendidikan.co.id/daur-ulang/ pada : 5 Januari 2023
Muchlisin Riadi. Februari 07, 2015. Pengertian sampah. Diakses dari : https://www.kajianpustaka.com/2015/02/pengertian-jenis-dan-dampak-sampah.html pada : 09 Januari 2023
Redaksi.manfaat. 4 Manfaat sampah organic. Diakses
dari : https://manfaat.co.id/manfaat-sampah-organik pada : 5 Januari 2023
RimbaKita.com, 4.4/5. Sampah Anorganik –
Pengertian, Jenis, Contoh, Manfaat & Pengelolaan. Diakses dari : https://rimbakita.com/sampah-anorganik/ pada : 5 Januari 2023
Restu, 2021. Story Telling: Pengertian, Fungsi,
Manfaat Struktur, dan Prosesnya. Diakses dari : https://www.gramedia.com/best-seller/story-telling/ pada : 9 Januari 2023
www.nsd.co.id , 2015. Dampak
Sampah bagi Manusia dan Lingkungan. Diakses dari : https://www.psychologymania.com/2012/09/dampak-sampah-bagi-manusia-dan.html pada : 5
Januari 2023
Komentar
Posting Komentar