MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KEWIRAUSAHAAN UNTUK FASE B

 

MODUL

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

TEMA : KEWIRAUSAHAAN

FASE B – KELAS 4

SDN 5 RABANGODU UTARA KOTA BIMA

DURASI : 9 HARI (63 JP)

 

INOVASI PENJUALAN PRODUK PENGANAN KHAS BIMA

Perancang : Erdin, S.Pd.

 

LATAR BELAKANG PROJEK

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya. Kaya akan berbagai sumber daya alam, budaya, tradisi, makanan khas, bahkan adat istiadatnya. Di seluruh daerah memiliki keunikan dalam hal budaya, tradisi, makanan khas, dan adat istiadat. Namun, kekayaan tersebut seolah terkikis oleh budaya asing yang merambah secara global. Terutama pada makanan khas daerah yang akhir – akhir ini hampir punah yang disebabkan oleh makanan asing yang merambah pasar dunia termasuk bangsa Indonesia dan menyebar sampai ke daerah – daerah. Hal ini tergambar saat melakukan identifikasi kepada peserta didik melalui pertanyaan. Dari beberapa pertanyaan yang diajukan hamper 90% siswa tidak mengenal makanan local. Bahkan para peserta didik seolah tidak berminat terhadap penganan khas daerah. Indikator lain terhadap makanan khas ini, adalah peredaran nya tidak mampu menembus daerah lain apalagi secara nasional bahkan internasional seperti Pizza Hut, MC Donald, Spagety dan lain – lain.  Dengan latar belakang ini kami, berupaya memberikan tantangan kepada para peserta didik untuk lebih mengenal makanan khas atau penganan khas local yang dapat dijual dengan inovasi terbaru sesuai dengan kebutuhan konsumen di era modern.

 

DIMENSI

Dimensi

Elemen

Subelemen

Bergotong-Royong

Kolaborasi

Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama

Kreatif

Menghasilkan gagasan yang orisinal

Menghasilkan gagasan yang orisinal

Bernalar Kritis

Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

Mengajukan pertanyaan,

Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan

 

 

TARGET CAPAIAN :

1.    Peserta didik dapat mengenali kualitas minat diri, dan tantangan yang dihadapi dalam membuat produk penganan local (khas Bima berbahan umbi – umbian, Biji – bijian dan buah) yang bernilai jual.

2.    Peserta didik mampu berkolaborasi dengan berkomunikasi dalam kelompok untuk mencapai tujuan membuat produl penganan local (khas Bima berbahan umbi – umbian, Biji – bijian dan buah) yang bernilai jual

3.    Peserta didik dapat menghasilkan gagasan, karya  penganan local (khas Bima berbahan umbi – umbian, Biji – bijian dan buah) yang  orisinil

 

TAHAP AKTIFITAS

Perencanaan dan pengenalan

Pelaksanaan Aksi

Hasil

Refleksi dan tindaklanjut

Unjuk Karya

§  Pengenalan konsep kewirausahaan

§  Pengenalan konsep bahan – bahan pembuatan penganan local

§  pengenalan konsep pembuatan produk penganan local

§  Riset/Observasi pasar

§  Observasi dan identifikasi bahan baku

§  Observasi pembuatan penganan local

§  Praktik pembuatan penganan lokal

Inovasi dan kreasi pembuatan produk penganan local yang bernilai jual

§  Identifikasi kendala

§  Refleksi kegiatan

§  RTL

§  Pameran produk dan berjualan

 

URAIAN TAHAP KEGIATAN :

1.    Aktifitas 1 : Perencanaan dan pengenalan (2 Hari = 14 JP)

Konsep

§  Mengajak peserta didik untuk mengenal beragam penganan local

§  Mengajukan pertanyaan pemantik tentang bahan baku pembuatan penganan local yang dikenal

§  Memfasilitasi diskussi tentang bahan dan cara membuat produk penganan local serta cara pasarkannya

§  Membagi kelompok peserta didik

Persiapan

§  Team P5 menyiapkan daftar penganan lokal

§  Team P5 menyiapkan cara pengolahan penganan local

§  Menyiapkan pertanyaan tentang berbagai jenis bahan baku pembuatan produk penganan local

§  Menyiapkan daftar hadir, lembar observasi terbuka aktifitas kelompok peserta didik, daftar penilaian formatif.

 

Pelaksanaan

§  Pendidik membagi peserta didik dalam beberapa kelompok

§  Pendidik membawa beberapa penganan local dan menampilkan di depan kelas. Kemudian pendidik mengajukan pertanyaan :

Pertanyaan :

-       Apa ada yang mengenal makanan – makanan ini ?

-       Apa ya bahan – bahan untuk membuatnya ?

-       Bagaimana ya cara membuatnya/ mengolahnya?

-       Kalau dijual laku berapa ya ?

-       Bagaiamana ya caranya, supaya nilai jualnya tinggi ?

§  Pendidik menanyakan pengenan yang diketahui peserta didik serta bahan yang digunakan dan cara pengolahannya

§  Pendidik membuka sesi diskusi tentang macam – macam penganan khas bima, cara pengolahan, nilai jual dan cara meningkatkan nilai jualnya dalam bentuk kelompok

§  menugaskan peserta didik untuk membuat daftar penganan local melalui hasil survei pasar. (Kerjasama dengan narasumber lain)

§  Menugaskan pserta didik secara berkelompok untuk melakukan survei pasar tentang penjulan penganannya. (Pendidik menyiapkan lembar survei untuk peserta didik)

§  Membuat daftar simpulan dari hasil diskusi dalam bentuk Tulisan/poster/infografis/video

Alat dan Bahan

§  Penganan khas Bima/Lokal

§  Catatan diskusi / lembar observasi terbuka oleh pendidik

§  Video / PPT

 

2.    Aktifitas 2 : Pelaksanaan Aksi (2 Hari = 14 JP)

Konsep

§  Peserta didik dikenalkan dengan konsep kewirausahaan

Persiapan

§  Pendidik menyiapkan konsep dan bahan untuk memperkenalkan konsep kewirausahaan baik dalam bentuk PPT. Video, atau lainnya

Pelaksanaan

§  Pendidik /Narasumber menjelaskan konsep kewirausahaan

§  Pendidik mengaitkan konsep kewirausahaan dengan produk bernilai jual tinggi

§  Peserta didik diajak untuk melakukan observasi tentang pelaku penjual makanan khas Bima/Penganan local.

Catatan : Observasi adalah opsi, jika memungkinkan menggunkan jasa pelaku Usaha atau Bisnismen.

Alat dan Bahan

§  Materi bimbingan

§  Lembar Observasi penjual/pengusaha

 

3.    Aktifitas 3 : Hasil (2 Hari = 14 JP)

Konsep

§  Peserta didik mendiskusikan ide dan pengembangan produk dan kewirausahaan

§  Peserta didik diajak mengkreasikan ide – ide bisnis sesuai dengan penganan local yang dimiliki

Persiapan

§  Menyiapkan peserta didik untuk mengkreasikan ide kewirausahaan atau bisnis

Pelaksanaan

§  Berdiskusi dan berkonsultasi dengan pendidik

§  Menyusun rencana kewirausahaan seperti bentuk pasar, nilai penjualan, Cara mendapatkan modal, dan taksiran keuntungan.

§  Presentasi hasil perencanaan kewirausahaan

§  Pendidik memacu ide – ide siswa untuk menemukan media – media promosi

§  Peserta didik membuat media promosi (Iklan pe jualan)

§  Presentasi hasil karya media promosi yang telah dibuat.

Alat dan Bahan

§  Catatan hasil diskusi

§  Lembar perencanaan kewirausahaan

 

4.    Aktifitas 4  dan 5 : Refleksi dan tindaklanjut  dan unjuk karya (3 Hari = 21JP)

Konsep

§  Peserta didik melakukan gelar karya (penjualan produk penganan local sesuai dengan strategi yang telah direncanakan)

Persiapan

§  Menyiapkan peserta didik dalam menentukan harga barang (menuliskan harga pada barang), tempat/lokasi penjualan, promosi.

Pelaksanaan

§  Peserta didik menentukan produk yang di jual

§  Peserta didik menentukan harga produk yang dijual

§  Peserta didik menentukan strategi penjualan

§  Peserta didik menentukan lokasi dan bentuk stand penjualan

§  Peserta didik melakukan penjualan

§  Peserta didik menghitung hasil penjualan

§  Simpulan

Alat dan Bahan

§  Pengana Lokal yang dipilih

§  Alat – alat penjualan dan lain – lain

§  Catatan hasil refleksi

ASESMEN

1.    ASESMEN AWAL

-       Mengajukan pertanyaan untuk mengidentifikasi pengetahuan awal peserta didik tentang penganan local

 

2.    ASESMEN FORMATIF

-       Daftar penganan local

-       Catatan observasi dan rencana inovasi

-       Catatan diskusi peserta didik

-       Rencana pembuatan media

-       Persiapan dan pelaksanaan gelar karya

 

3.    ASESMEN SUMATIF

-       Hasil produk yang telah dibuat dan siap jual

 

 

RUBRIK ASESMEN :

Kriteria

Sangat Berkembang

Berkembang Sesui Harapan

Mulai Berkembang

Awal Berkembang

Gotong Royong (Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama)

Mampu membangun tim, menunjukan keterlibatan aktif (kompak) dalam tim untuk mencapai tujuan bersama

Mampu membangun tim, dan kurang kompak (keterlibatan aktif) dalam mencapai tujuan bersama

Perlu bimbingan guru dalam membangun tim dan kekompakan dalam mencapai tujuan bersama

Belum menunjukan kerjasama dalam kelompoknya

Kreatif (Menghasilkan gagasan yang orisinal)

Mampu menunjukan produk yang siap di jual dan memiliki khasnya

Mampu memiliki produk yang siap di jual, tetapi menjiplak model produk yang sudah ada

Mampu menghasilkan produk tetapi belum siap untuk dijual

Tidak mampu menghasilkan produk

Bernalar Kritis (Mengajukan pertanyaan

Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan)

Memenuhi semua kriteria

Memenuhi 2 kriteria

Memenuhi 1 kriteri

Tidak memenuhi semua kriteria

 

 

LAMPIRAN – LAMPIRAN

 

Lampiran 1 Catatan diskusi terbimbing

Catatan :

-        Bawa catatan ini setiap anda menemui pendidik

-        Tandai pada catatan setiap selesai menyelesaikan tugas

-        Acuan catatan berdasarkan rubric asesmen

NO.

HARI /TANGGAL

KEGIATAN

CATATAN FASILITATOR

(UMPAN BALIK)

TANDA TANGAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 2 Lembar Observasi Awal

Petunjuk :

Tuliskan apa yang kalian ketahui dan diskusikan dalam kelompok miu dari pertanyaan beriku ini !

No.

Pertanyaan

Catatan /Jawaban

1.

Makanan tradisonal apa yang pernah kalian ketahui ?

 

 

2.

Makanan apasaja pada nomer 1 yang Pernahkah kalian mengkonsumsinya ? Jelaskan bagaimana rasanya ?

 

 

 

3.

Bagaimana bentuk kemasan barang tersebut oleh penjual ?

 

 

4.

Tahukah kalian makanan/penganan tersebut berbahan apa saja ?

 

 

5.

Adakah makanan/penganan yang kalian ketahui cara pengolahannya ?

 

 

 

6.

Sekarang, Bagaiamakah cara membuat kemasan penganan tersebut agar lebih menarik ?

 

 

7.

Bagaiaman strategi pemasaran yang menarik menurut kalian ?

 

 

8.

Jika mempromosikan, bagaimana caranya ?

 

 

9.

Berikan satu contoh olahan makanan/penganan khas Bima yang pernah atau kalian ketahui !

 

 

 

10.

Tuliskan apa kesimpulan kalian.

 

 

 

Rubrik Penilaian :

Subelemen

Sangat Berkembang

Berkembang Sesui Harapan

Mulai Berkembang

Belum Berkembang

Mengeksplorasi dan

mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam

bentuk karya berupa inovasi

dan modifikasi ide bisnis dan/atau tindakan, serta

mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya

bagi orang lain.

Peserta didik mampu

menyampaikan,

merumuskan, dan

memodifikasi

ide/gagasan secara

terstruktur dalam

kelompok, serta

mewujudkan

gagasannya

Peserta didik

mampu

menyampaikan,

merumuskan dan

memodifikasi

ide/gagasan

secara terstruktur

dalam kelompok.

Peserta didik

mampu

menyampaikan

dan merumuskan

ide/gagasan dalam

kelompok.

Peserta didik

mampu

menyampaikan

ide/gagasan dalam

kelompok.

 

 

Catatan Khusus *Jika ada :

 

 

 

 

 

 

 

Kota Bima,

Fasilitator/Pendidik

 

 

 

 

…………………………………

NIP.

 

 

Lampiran 3 Materi Bimbingan

 Materi 1

-        Definisi makanan/penganan local (khas Bima)

-        Macam – macam makanan/penganan local (khas Bima)

-        Bahan – bahan pengolahan makanan / penganan local (Khas Bima)

-        Cara Pengolahan Makanan/Penganan Khas Lokal Bima

 

Materi 2

-        Konsep Kewirausahaan

-        Defini produk

-        Cara membuat kemasan produk

-        Cara membuat iklan dan promosi

-        Strategi penjualan yang menguntungkan

 Materi 3

-        Teks Prosedur, Naratif dan Deskripsi

-        Pembuatan media presentasi

-        Pembuatan media promosi

 Materi 4

-        Keterampilan presentasi dan pemasaran yang menguntungkan

 

Lampiran 4 Lembar Observasi Pelaku Usaha

Petunjuk :

1.     Kunjungi salah satu pelaku usaha yang anda ketahui: Produk yang dijual bisa berbentuk barang (makanan, minuman) maupun jasa (menjahit baju, membuat logo usaha)

2.     Isi tabel berikut sebagai bukti observasi

3.     Dokumentasikan observasi dengan foto/videoAnda bisa menuliskan pertanyaan lain jika menemukan pertanyaan yang ingin ditanyakan diluar daftar pertanyaan ini.

*catatan daftar pertanyaan bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan

Pertanyaan

Jawaban

Apa produk yang menjadi usaha Bapak/Ibu ?

 

Apa yang membedakan dengan produk lain ?

 

Apa saja yang menjadi tantangan Bapak/Ibu dalam mengelola dan mengembangkan usaha ?

 

Apa harapan Bapak/Ibu untuk pengembangan usaha ke depan?

 

Siapa saja competitor (Pesaing) dari usaha Bapak/Ibu? (terdekat, terkuat, terlama, dll)

 

Berapa rata-rata omset harian/ bulanan Bapak/Ibu?

 

Apakah Bapak/Ibu tahu Harga Pokok Produksi (HPP) dari produk yang dijual?

 

Siapa saja kah pembelinya? (Anak muda/orang tua; laki-laki/perempuan)

 

Area pasar produk Bapak/Ibu ? (Kota/Kab, Provinsi, Nasional, Ekspor)

 

Apakah ada kesulitan dalam penentuan harga?

 

Promosi apa saja yang sudah Bapak/Ibu lakukan dalam berusaha? (standing banner, flyer, brosur, media sosial, dll)

 

Apakah Bapak/Ibu menggunakan media sosial untuk promosi/pemasaran? Jika iya, media sosial apa saja yang digunakan.

 

Apakah Bapak/Ibu menggunakan marketplace untuk mendukung pemasaran? Jika iya, marketplace apa saja yang digunakan?

 

Bagaimana pendapat Bapak/Ibu untuk penjualan secara offline dibandingkan dengan daring (media

sosial dan marketplace)?

 

 

 

Catatan : Boleh dilanjutkan jika ingin menggali lebih dalam dengan pertanyaan sendiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian

Subelemen

Sangat Berkembang

Berkembang Sesui Harapan

Mulai Berkembang

Belum Berkembang

Mengumpulkan data, mengidentifikasi, mengolah informasi yang diperoleh untuk Inovasi penjualan

Peserta didik mampu mengumpulkan data, mengidentifikasi, mengolah informasi yang diperoleh untuk Inovasi penjualan secara terstruktur baik mandiri maupun berkelompok

Peserta didik mampu mengumpulkan data, mengidentifikasi, mengolah informasi yang diperoleh untuk Inovasi penjualan secara berkelompok dan terstruktur

Peserta didik mampu mengumpulkan data, mengidentifikasi, mengolah informasi yang diperoleh

Peserta didik mampu mengumpulkan data

 

Lampiran 5 Lembar Refleksi

Petunjuk :

Centang kolom yang paling sesuai dengan kalimat di dalam kolom paling kiri

Kalimat

Paham

Belum Paham

Cukup Paham

Belum Paham

Saya mengetahui jenis – jenis makanan/penganan local Bima

 

 

 

 

Saya mengetahui bahan – bahan untuk membuat penganan local Khas Bima

 

 

 

 

Saya tahu cara mengolah penganan local khas Bima

 

 

 

 

Saya tahu cara untuk menentukan target pasar

 

 

 

 

Saya tahu cara untuk mendesai media promosi yang menarik

 

 

 

 

Saya tahu cara untuk menentukan strategi penjualan yang menguntungkan.

 

 

 

 

 

Simpulan : (Diisi oleh Fasilitator/Pendidik)

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 6 Lembar Rencana Penjualan

Petunjuk :

-        Tuliskan rencana penjualan kamu dengan lengkap yang berisi :

·       Jenis penjualan

·       Modifikasi makanan/penganan local Bima

·       Perhitungan harga pokok dan penjualan (HPP), serta perkiraan keuntungan

·       Target Pasar

·       Strategi penjualan

-        Tuangkan konsep mu dalam kolom yang tersedia

-        Presentasikan konsep penjualan mu.

Konsep Rencana Penjualan

Nama :

Kelas :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian konsep dan presentasi:

Subelemen

Sangat Berkembang

Berkembang Sesui Harapan

Mulai Berkembang

Belum Berkembang

Konsep:

Menjelaskan konsep penjualan, menunjukan modifikasi yang menarik, dan strategi yang logis

Peserta didik mampu menjelaskan konsep penjualan, menunjukan modifikasi yang menarik, dan strategi yang logis

Peserta didik mampu menjelaskan konsep penjualan, menunjukan modifikasi yang menarik, dan strategi penjualan tidak logis

Peserta didik mampu menjelaskan konsep penjualan, menunjukan modifikasi.

Peserta didik mampu menjelaskan konsep penjualan

Presentasi :

Percayadiri, komunikatif, menarik, dan tepat waktu

Peserta didik menunjukan sikap percaya diri, komunikatif, menarik, dan tepat waktu

Peserta didik menunjukan sikap percaya diri, komunikatif, dan menarik

Peserta didik menunjukan sikap percaya diri, namun, cara penyampaian bertele – tele.

Peserta didik perlu dorongan pendidik untuk tampil.

 

 

Lampiran 7 Lembar Penilaian Media Promosi

 

Petunjuk Penilaian

Lembar ini digunakan untuk memberikan penilaian terhadap subelemen menghasilkan

karya dan gagasan yang orisinal.

Tabel berikut berisi indikator yang dapat digunakan untuk menilai karya.

Subelemen

Sangat Berkembang

Berkembang Sesui Harapan

Mulai Berkembang

Belum Berkembang

Menarik, Simpel, Menunjukan modifikasi, Persuasif.

Media promosi yang dibuat menarik, Simpel, Menunjukan modifikasi, Persuasif.

Media promosi yang dibuat menarik, Simpel, Menunjukan modifikasi, namun tidak persuasif.

Media promosi yang dibuat cukup menarik, dan bukan orisinil

Media promosi yang dibuat kurang menarik dan bukan orisinil

 

Format Rekapan Penilaian :

No.

Nama Siswa

Deskripsi Media Promosi

Tanggal Pemeriksaan

SB

BSH

MB

BB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“Hargailah perancang modul ini (Erdin, S.Pd.), Modul ini merupakan modifikasi dari modul yang dirancang oleh Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Tahun 2022, yang ditulis oleh Resti Pujianti, S.Pd. (SMP Global Mandiri Cibubur) dan Marcheli Alexandra Talita, S.Pd. (SMP Global Mandiri Cibubur)”.

 

“Mari kita bangun budaya menghargai sebuah pemikiran, dengan saling mengakui sumber awal, tanpa harus mengakui hasil karya sendiri yang orisinil”.

Erdin, S.Pd.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

menulis cerpen dengan 3 paragraf dalam sehari.

CARA MENGAJARKAN SISWA DALAM MENULIS PARAGRAF PROSEDUR DAN NARATIF

KONEKSI ANTAR MATERI HUBUNGAN ANTARA COACHING, PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL , PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN PERAN GURU PENGGERAK DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN YANG MEMERDEKAKAN.