Postingan

menulis cerpen dengan 3 paragraf dalam sehari.

Gambar
  LAPORAN AKSI NYATA MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID     Oleh : Nama : Erdin, S.Pd. Sekolah Asal : SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima Angkatan PGP : Angkatan 3 Fasilitator : Drs. A. Rahman Pengajar Praktik : Dr. Syarifudin       PROGRAM GURU PENGGERAK ANGKATAN 3 PPPPTK PKn DAN IPS MALANG TAHUN 2022       A.     PERISTIWA (FACT) 1.      Latar belakang Kegiatan aksi nyata yang dilakukan ini adalah untuk melatih dan meningkatkan kemampuan komunikasi, rasa ingin tahu, serta kemandirian siswa dalam menulis cerpen. Dengan point profil pelajar pancasila yang dikembangkan adalah Mampu bergotong royong. Kepemimpinan murid memungkinkan murid   untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerjas...

USBA (UJIAN BERBASIS ANDROID)

Gambar
 USBA (UJIAN SEKOLAH BERBASIS ANDROID) Senin, 18 April 2022, SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima melaksanakan Ujian Sekolah sebagaimana sekolah lain. Kegiatan Ujian Sekolah pada tahun ini Tahun 2022 berbeda dengan tahun - tahun sebelumnnya. Pada tahun ini ujian dilaksanakan dengan menggunakan Android. Sebenarnya, SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima mampu melaksanakan Ujian Berbasis Komputer. Karena, pada awal tahun 2022 sudah memperoleh bantuan berupa Crombook 

projec Profil Pelajar Pancasila JUMPA SAKSI

Gambar

PEADLET MODUL 3.2 PENGELOLAAN SUMBER DAYA

Gambar

Alur Pengelolaan Dokumen Sumber Belajar - Sekolah Penggerak

Gambar
 

Refleksi Mingguan ke - 18

Gambar
 REFLEKSI MINGGUAN KE - 18   Bismillah, Minggu ke 18 ini saya mendapat pengalaman baru yang sangat luar biasa. Wajar saja, karena saya diberi pengalaman dalam menguji berbagai model kasus dengan cara yang sesuai aturan. Sehingga, keputusan yang diambil menjadi keputusan yang kredible dan dapat dipertanggungjawabkan, baik secara legalitas, intuisi, maupun phublis. Hal ini dilakukan melalui penguasaan materi pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Adapun kegiatan – kegiatan yang dilakukan adalah memahami mana kasus yang bersituasi dilemma etika, dan mana kasus yang bersituasi bujukan moral. Kasus yang bersituasi dilemma etika mengandung makna sama – sama benar atau “benar lawan benar”. Sedang kasus yang memiliki lebih dari dua dilemma atau mengandung resiko banyak itu akan berdampak pada bujukan moral atau melibatkan hokum dan dapat berdampak pada kriminalitas. Kasus semacam ini disebut bujukan moral. Setelah memahami dua jenis kasus tersebut calon guru penggera...

Jurnal Refleksi MIngguan ke -20

Gambar
 

JURNAL REFLEKSI MINGGUAN CGP KE 19 ANGKATAN 3

Gambar
 

PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN

Gambar
            DEMONSTRASI KONTEKSTUAL PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN Erdin, S.Pd./CGP Angkatan 3 Kota Bima/erdin68@guru.sd.belajar.id Hidup adalah masalah. Orang yang sukses adalah bukan orang yang mampu menghindari masalah. Tetapi, orang yang sukses adalah yang mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Sebagai calon guru penggerak tentu perlu memiliki pemahaman bagaimana mengatasi masalah dan bagaimana mengambil keputusan dalam mempimpin pembelajaran atau ia sebagai pemimpin. Karena pada hari – harinya tentu akan selalu dihadapkan dengan masalah – masalah. Masalah yang dihadapi secara umum ada dua yaitu masalah dalam situasi bujukan moral dan masalah dalam situasi dilemma etika. Bujukan moral adalah serangkaian masalah yang melibatkan moral atau dapat mengandung unsur pidana atau kriminalitas atau benar lawan salah. Misalnya , seorang bendahara sekolah dibujuk oleh kepala sekolah untuk melakukan manipulasi laporan dan itu dapat merugik...